Header Ads

Sumber Daya Alam di Indonesia (PLH)

Welcom Back to SAMAK...


Bertemu lagi dengan saya memlalui blog SAMAK (Sharing  Maklumat). kali ini saya akan membagikan lagi ilmu, tetapi sekarang saya akan membagikan ilmu mengenai SUMBER DAYA ALAM seperti Pengertian,macam macam,contoh,lokasi penghasil SDA dan manfaat manfaat SDA.
  Silahkan saja copy paste bagi sobat yang membutuhkan materi tersebut, dan apabila ada masukan,saran atau komentar bisa sobat sekalian masukan dikolom komentar. 

Sumber Daya Alam Indonesia

  1.Pengertian Sumber Daya Alam
 Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam  dan dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan beberapa karakteristik,diantaranya bersadarkan sifat keterbaruan, asal, dan pengunaanya.
   Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi 2 jenis :
  • Sumber Daya Alam Hayati
  • Sumber Daya Alam Non Hayati

  • Sumber Daya Alam Hayati

 Adalah sumber daya yang di hasilkan dari mahluk hidup yang ada dibumi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Contonya
1)      Pertanian Padi
Daerah penghasil beras atau petani padi di Indonesia adalah indramayu.
2)      Pertanian Sayuran
Daerah penghasil sayuran terbesar adalah GARUT
  •  Sumber Daya Alam Non Hayati

Adalah sumber daya alam yang dihasilkan dari pertambangan atau benda
Yang tidak memiliki nyawa,yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh manusia
Contohnya.
1)      Penambangan pasir besi
Daerah penghasil pasir besi di jabar adalah tasikmalaya.
2)      Penambangan minyak bumi
Daerah penghasil minyak terbesar di jabar adalah majalengka.
3)      Penambangan emas
Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah cikotok dan pongkor.
4)      Penambangan Belerang
Daerah penghasil belerang terbesar di  Indonesia adalah  Gunung patuha

2.Jenis Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Karakteristiknya
A.Sumber Daya Alam yang dapat di perbarui
     SDA yang dapat diperbaharui adalah setiap SDA yang tidak akan habis meski digunakan secara terus menerus, karena jenis Sumber daya alam ini bisa di perbaharui, di daur ulang, atau dibuat kembali tetapi kualitas SDA ini akan berkurang. Contoh Sumber Daya Alam yang dapat di perbarui :
1)      Sinar Matahari
adalah salah satu sumber energy yang dapat dipakai terus menerus, karena jumlahnya yang tidak terbatas. Panas matahari, sering dipakai oleh rumah – rumah sebagai sumber energy untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan. Selain itu sinar matahari mulai dipakai sebagai energy pembangkit listrik, karena jumlahnya yang tidak terbatas dan ramah lingkungan.
2)      Angin
adalah udara yang bergerak. Angin sering dimanfaatkan sebagai energy alternative seperti pembangkit listrik tenaga angina, serta alat untuk system pengairan. Angin dalah salah satu SDa yang memiliki kualitas yang tidak terhingga. Sehingga angn dianggap sebagai energy alternative yang murah dan ramah lingkungan.
3)      Air
adalah salah satu SDA yang memiliki jumlah yang sangat banyak. Air di Indonesia sering di pakai sebagai sumber pembangkit listrik. Air juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.
4)      Tanah
adalah salah satu SDA yang juga memilki jumlah yan sangay banyak. Tanah di pakai sebagai bagian dari pertanian, perkebunan, maupun pembangunan. Tanah atau pasir juga di pakai sebagai alat untuk memasak.  Dibeberapa desa di Indonesia, tanah atau pasir dianggap sebagai pengganti minyak untuk mengoreng kerupuk. Selain itu oleh masyarakat di Madura, tanah atau pasir di pakai sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.
atau pasir juga di pakai sebagai alat untuk
pakai sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.
5)      Tumbuhan
adalah salah satu makhkuk hidup di bumi dan dianggap sebagai salah satu SDA. Tumbuhan mampu berkembang biak oleh manusia. Tumbuhan adalah salah satu SDA yang dapat diperbaharui, Karena tumbuhan dapat berkembang biak, baik oleh usaha sendiri maupun oleh usaha manusia.
6)      Hewan
SDA hewab dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah di budidayakan. Manfaat hewan bagi manusia antara lain :
·         Membantu pekerjaan berat manusia, seperti kerbau dan kuda.
·         Sebagai sumber bahan pangan , seperti ungas dan sapi.
Beberapa hewan khas Indonesia , seperti harimau Jawa, Badak bercula satu, Burung malea Dewasa ini terancam kepunahan, untuk menjaga kelestarian satwa langka, di perlukan kawasan pelestarian yang di sebut suaka marga satwa atau hutan lindung.
B.Sumber Daya Alam Yang tidak dapat diperbarui
 SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah setiap sumber daya alam yang akan  habis setelah digunakan secara terus menerus, karena keberadaanya tebatas dan tidak bisa diperbaharui,di daur ulang, atau di buat kembali. SDA yang tidak dapat diperbarui contohnya adalah :
1) Aspal

Secara umum aspal adalah material berwarna hitam atau coklat tua, pada temperatur ruang berbentk padat sampai agak padat, yang terbuat dari komposisi carbon, Hidrogen, Oksigen dan Nitrogen. Aspal dapat di gunakan dalam bermacam produk- produk, termasuk :
a)      Jalan Aspal
b)     Dasar pondasi dan subdasar
c)      Dinding untuk lubang di jalan, trotoar kaki lima, jalan untuk mobil, lereng- lerang, jembatan- jembatan,dan bidang parker
 Pulau penghasil aspal di Indonesia terdapat di Pulau Buton  Sulawesi dan Wonokromo Jawa Timur.
2) Batu Bara
Batu bara adalah salah satu bahan bakarfosil. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organic, utamanya adalah sisa- sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur- unsur utamanya tediri dari karbon, hydrogen, dan oksigen. Manfaat batu bara adalah :
1.    Bahan bakar pembentuk listrik
2.    Produksi besi dan baja
3.    Bahan bakar pembuatan semen
       3)Bauksit
Bauksit adalah barang tambang campuran yang menjadi bahan dasar aluminium. Kegunaan bauksit adalah sebagai
Ø Bahan industry keramik
Ø Logam
Ø Abrasive
Ø Kimia
Ø Metalurgi
 Tambang bauksit tedapat di pulau Bintan (Riau) dan Singkawang (Kalimatan Barat). Selain itu, terdapat pula di Kalimantan Tengah.

           4) Belerang
              
 Berelang merupakan  mineral vulkanis yang banyak di hasilkan di kawah- kawah gunung berapi. Bahan ini banyak digunakan dalam industry- industri bahan kimia, korek api, bahan peledak, dan obat- obatan.
Tambang belerang terdapat di gunung Walireng (Jawa Timur). Selain itu terdapat di Jambi, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara.

         5) Biji Besi

Biji besi merupakan batuan yang mengandung mineral- mineral besi dan sejumlah mineral gangue seperti silica, alumina, magnesia, dll. Pengunan bijih besi juga sebagai bahan baku industricat, semen, basic refractories, flux pada peleburan logam- logam non ferrous dab juga sebagai katalisator. Kerikil kerikil besi juga dipakai untuk jig ped.
Daerah penghasil bijih besi Sebaran deposit bijih besi di Indonesia mulai dari Sumatra (Aceh, Sumatra Barat dan Lampung), Jawa (Cilacap, Blitar, Tulung Agung, dan daerah sekitar Kulon Proggo), Kalimantan (Pelaihari, Tanah Bumbu, kota Baru) hingga kawasan timur Indonesia, di War Akopi dan Was Isyow, Papua.

6)     Emas

Emas adalah unsur logam yang bersifat lembek, mengkilap, kuning, berat, mudah dibentuk, dan ulet. Dan terpenting adalah sifat emas yang tidak mudah beraksi dengan bahan kimia lainnya yang menjadikannya bahan mulia, memiliki simbol kimia Au (dari bahasa latin Aurum), mempunyai nomor atom 79 dan berat atom 196,97.
Tambang emas terdapat di Bengkalis Sumatra, Bolaang Mongondow- Sulawesi Utara, Cikotok Jawa Barat, Logas Riau, Meuleaboh di Aceh, Rejang Lebong Bengkulu. Selain itu terdapat juga di Lampung, Jambi, Kalimantan Barat, papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Pablik pengolahan emas terdapat di Cikotok – Jawa Barat.

7)      Fosfat

Fosfat adalah sumber utama unsur kalium dan nitrogen yang idak larut dalam air, tetapi dapat di olah untuk memperoleh produk fosfat dengan menambahkan asam. Kegunaan Fosfor/fosfat yang penting adalah dalam pembuatan pupuk, dan secara luas di gunakan dalam bahan peledak, korek api, pestisida, odol dan diterjen.Fosfat banay terdapat di Bogor, Pangandaran (Jawa Barat), Gombong, Purwokerta, Jepara, Rembang (jawa Tengah), dan Bojonegoro.

8)      Gas Alam 
Gas Alam sering juga di sebut sebagai gas bumiataugasrawa, dalah bahn bakar fosil berbentik gas yang terutama terdiri dari metanaCH4, secara garis besar pemanfaatna  gas alam yaitu : Gas alam sebagai Bahan bakar, antara lain sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas/uap, bahan bakar industry ringan, menengah dan berat, bahan bakar kendaraan bermotor (BBG/NGV), sebagai gaskota untuk kebutuhan rumah tangga hotel, restoran, dsb.Gas alam sebagai komoditas energy untuk ekspor, yakni Liquefied Naturak Gas (LNG).
Daeah penghasil gas yaitu :
Ø  Nangroe Aceh Darussalam
Ø  Botan Kalimantan timur
Ø  Tangguh papua
Ø  Natuna Kepulauan Riau

Tidak ada komentar