Header Ads

Penjelasan Singkat kitab ZABUR

Welcome Back to SAMAK...


kali ini saya akan memberikan atau membagikan pengetahuan saya sedikit tentang kitab ZABUR. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

Penjelasan Mengenai Kitab Zabur
Sejarah Turunnya Kitab Zabur     

Zabur artinya tulisan. Kitab Zabur diberikan kepada Nabi Daud a.s. Kitab yang diberikan kepada Nabi Daud a.s berbahasa Qibti.Kitab Zabur berisi tentang beberapa zikir, pengajaran, dan hikmah. Isi Kitab Zabur merupakan petunjuk atau wahyu dari Allah dan berlaku pada umat Bani Israil Zabur (bahasa Arab: Ø²Ø¨ÙˆØ±) disamakan oleh sebagian ulama dengan Mazmur, yang menurut Islam, adalah salah satu kitab suci yang diturunkan sebelum Al-Qur'an (selain Taurat dan Injil).Istilah zabur adalah persamaan dengan istilah Ibrani zimra, bermaksud "lagu, musik." Ia, bersama dengan zamir("lagu") dan mizmor ("mazmur" atau psalm), merupakan derivasi zamar, artinya "nyanyi, nyanyikan pujian, buatkan musik."Dalam Islam zabur adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada kaum Bani Israil melalui utusannya yang bernama Nabi Daud.

Isi Dari kitab Zabur

Kitab ZabÅ«r berisi kumpulan ayat-ayat yang dianggap suci. Ada 150 surah dalam Kitab ZabÅ«r yang tidak mengandung hukum-hukum, tetapi hanya berisi nasihat-nasihat, hikmah, pujian, dan sanjungan kepada Allah Swt.Secara garis besar, nyanyian rohani yang disenandungkan oleh Nabi Daud as. dalam Kitab ZabÅ«r terdiri atas lima macam:
1. nyanyian untuk memuji Tuhan (liturgi),
2. nyanyian perorangan sebagai ucapan syukur,
3. ratapan-ratapan jamaah,
4. ratapan dan doa individu, dan
5. nyanyian untuk raja

Contoh nyanyian  pujian dalam Kitab ZabÅ«r (Mazmur: 146)

1.Besarkanlah olehmu akan Tuhan hai jiwaku, pujilah Tuhan.
2.Maka aku akan memuji Tuhan. seumur hidupku, dan aku akan nyanyi pujian pujian kepada Tuhanku selama aku ada.
3. Janganlah kamu percaya pada raja-raja atau anak-anak Adam yang tiada mempunyai pertolongan.
4.Maka putuslah nyawanya dan kembalilah ia kepada tanah asalnya dan pada hari itu hilanglah segala daya upayanya
5.Maka berbahagialah orang yang memperoleh Ya’qub sebagai penolongnya dan yang menaruh harap kepada Tuhan.
6.Yang menjadikan langit, bumi dan laut serta segala isinya, dan yang menaruh setia sampai selamanya.
7.Yang membela orang yang teraniaya dan yang memberi makan orang yang lapar. Bahwa Tuhan membuka rantai orang yang terpenjara.

Contoh Nasihat dalam kitab ZABUR

Wahai anak Adam, siapa yang tetap rakus pada keduniaan, ia akan semakin jauh dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, semakin susah mendapatkan keduniaan, dan semakin payah di akhirat. Bahkan, ia seakan-akan murka pada-Ku. Siapa yang (selalu) menuntut (mencari) keduniaan, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memasukkan ke dalam hatinya empat macam sifat, yaitu:
1. Kesusahan yang tak pernah putus.
2. Kesibukan yang terus-menerus.
3. Angan-angan yang tak pernah mencapai puncaknya.
4. Kefakiran yang tak pemah mencapai kekayaan selamanya

Kitab Zabur dalam Alqur'an

"...Dan Kami berikan Zabur kepada Daud." (Surah-An Nisaa' 4:163)

"DanTuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami berikan Zabur kepada Daud." (Surah-Al Israa' 17:55)

"Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh." (Surah-Al Anbiyaa' 21:105)

Tidak ada komentar